PT.Toba Pulp Lestari, sudahkah perhatikan Polusi udara..??

” Tona Hahipason…….! “

Pencemaran Udara (“Air Pollution”) sudah lama menjadi persoalan yang merugikan kesehatan terutama dapat kita jumpai di kota dan daerah industri akibat pembakaran di pabrik-pabrik atau pun asap kenderaan bermotor.

Akibat udara yang kotor bakteri dan virus dari pernapasan penderita dapat berpindah ke orang lain.

Jadi dihamu among dohot inong unang ma hita leas, udara yang kotor sangat berpengaruh terhadap kesehatan, secara langsung dapat menimbulkan pengaruh yang sangat buruk, misalnya seperti di Negara industri jika terjadi kebocoran gas akan mengambil banyak korban bahkan dapat mengakibatkan kematian dan kebutaan.

Secara tidak langsung dapat menurunkan daya tahan tubuh tanpa kita sadari bibit penyakit akan mudah menyerang tubuh kita, adapun pengaruh lain dari pencemaran udara dapat kita lihat dari tumbuh-tumbuhan menjadi layu dan mati atau pun buah-buahan sangat mudah busuk.

Terkadang kita tidak mengetahui apakah sebuah pabrik telah mengolah udara kotor yang dikeluarkannya sehingga masyarakat tidak menjadi korban.

Misalnya seperti udara yang mengandung gas, apakah mengalirkan udara melalui cairan yang mudah bereaksi dengan gas sehingga terikat dalam cairan itu.

Melihat keberadaan PT Toba Pulp Lestari (PT.TPL) di Sosor ladang Porsea Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara, dapat kita rasakan “bau busuk” yang menyengat dan sangat mengganggu bahkan merugikan kesehatan masyarakat di Kabupaten Toba Samosir khususnya daerah Porsea.

Apakah PT TPL sudah mengolah terlebih dahulu zat berbahaya sebelum asap yang berbau “busuk” itu di keluarkan dari cerobong udaranya sehingga apabila tertiup angin konsentrasinya (“kepekaan zat berbahaya”) akan menurun dan tidak membahayakan lagi.

Akhir-akhir ini kita juga dapat merasakan perobahan iklim suhu udara di daerah kabupaten Toba Samosir pada siang harinya panas dan kering, sementara pada malam hari sangat dingin, apaka ini salah satu efek dari pencemaran udara…?, hanya merekala yang tahu…..!.

Diharapkan kepada PT.Toba Pulp Lestari (PT.TPL), kiranya dalam melakukan aktivitas perusahaannya tidak menimbulkan polusi udara yang mengganggu kepada masyarakat dan linkungannya.

Penulis : Elisabet Simajuntak Asiten Apoteker

Sumber : Bersama Toba

This entry was posted in Opini, Sosor Ladang - Porsea and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s